tugas essay

Zuha A. 8G/34


1.   Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

2.   Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3.   Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

4.   Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

5.   Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

6.   Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

7.   Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

8.   Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

9.   Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan

10.        Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

 

Jawab:

1.    Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suattu pekerjaan atau persoalan. Perancangan algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan.

2.     Cara yang bisa digunakan adalah pseudocode dan flowchart, pseudocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan lankah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan. Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi2 yag ditampilkan menggunakan symbol yang berbeda.

3.     Contoh jika ingin menulis kata ‘OK’

START

MOVE ‘POSISI AWAL’

WRITE ‘O’

MOVE ‘POSISI AWAL’

WRITE ‘K’

END

a.jalankan program robo mind

b.untuk memilih yang sesuai, dari menu  file, klik perintah open map.

c. pilihlah map yag sesuai

d. pada program ini, beberapa huruf  akan digunakan sevara berulang.

e. tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal

f. tambahkan kode berikut untuk memisahkan robot

g. tambhakna kode program untuk huruf lain

h. jalankan program tersebut untuk mengecek.

   4.    variable adalah nilai-nilai yang disimpan dalam suatu objek. Tipe data Boolean digunakan              untuk menyimpan nilai yang bentuknya true atau false. tipe data ialah klasifikasi data yang mengenalkan kompilator atau penerjemah bagaimana programmer bermaksud untuk menggunakan data.

5. Pembuatan variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita lakukan seperti ini:string nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai null (kosong), karena belum kita isi.Kita juga dapat membuat variabel dengan mengisinya langsung.

6. tipe data Boolean untuk benar atau tidak, tipe data numerik untuk angka dan variabelnya, dan juga tipe data string untuk kata nya.

7. tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa angka sedangkan tipe data string digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.

8.

·         Left

·         Forward ( 8 )

·          Right

·         huruf Z Paintwhite

·          Forward ( 2 )

·         StopPainting

·         Right Forward ( 2 )

·         Left Backward ( 2 )

·         huruf U

·          U ( )

·         Backward ( 3 )

·          Right Backward

·         Ketik Huruf H

·          H ( )

·         Left Forward

·          ( 2 ) Left

·         huruf A A ( )

9. tipe data Boolean digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa true atau false

10.

START

MOVE ‘POSISI AWAL’

WRITE ‘Z’

MOVE ‘POSISI AWAL’

WRITE ‘U’

MOVE ‘POSISI AWAL’

WRITE ‘H’

MOVE POSISI AWAL

WRITE ‘A’

END

 

 

 

 


Comments

Post a Comment

Popular Posts