tugas essay
Zuha A. 8G/34
1.
Apakah yang dimaksud
algoritma dan perancangan algoritma?
2.
Ada 2 cara yang dapat
digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan
dengan benar!
3.
Bagaimana cara memprogram
robot? Jelaskan proses algoritmanya!
4.
Apa yang dimaksud dengan
variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
5.
Bagaimana cara
menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
6.
Jelaskan tiga tipe data
yang dapat digunakan di scratch!
7.
Jelaskan perbedaan antara
tipe data numerik dengan teks!
8.
Tuliskan algoritma untuk
menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
9.
Jelaskan tujuan tipe data
boolean digunakan
10.
Tuliskan kode program
untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawab:
2.
Cara yang bisa digunakan adalah pseudocode dan flowchart,
pseudocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan lankah-langkah untuk
menyelesaikan permasalahan. Flowchart adalah diagram yang mewakili kumpulan
dari instruksi2 yag ditampilkan menggunakan symbol yang berbeda.
3.
Contoh jika ingin menulis kata ‘OK’
START
MOVE ‘POSISI AWAL’
WRITE ‘O’
MOVE ‘POSISI AWAL’
WRITE ‘K’
END
a.jalankan program robo mind
b.untuk memilih yang sesuai, dari menu file, klik perintah open map.
c. pilihlah map yag sesuai
d. pada program ini, beberapa huruf akan digunakan sevara berulang.
e. tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di
posisi awal
f. tambahkan kode berikut untuk memisahkan robot
g. tambhakna kode program untuk huruf lain
h. jalankan program tersebut untuk mengecek.
4. variable adalah nilai-nilai yang disimpan dalam
suatu objek. Tipe data Boolean digunakan untuk menyimpan nilai yang
bentuknya true atau false. tipe data ialah klasifikasi data yang mengenalkan
kompilator atau penerjemah bagaimana programmer bermaksud untuk menggunakan
data.
5. Pembuatan
variabel atau deklarasi variabel di C++ dapat kita lakukan seperti ini:string
nama; int umur; char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu
diikuti dengan nama variabelnya.Variabel-variabel di atas akan menyimpan nilai
null (kosong), karena belum kita isi.Kita juga dapat membuat variabel dengan
mengisinya langsung.
6. tipe data Boolean
untuk benar atau tidak, tipe data numerik untuk angka dan variabelnya, dan juga
tipe data string untuk kata nya.
7. tipe data
numerik digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa angka sedangkan tipe data
string digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks.
8.
·
Left
·
Forward ( 8 )
·
Right
·
huruf Z Paintwhite
·
Forward ( 2 )
·
StopPainting
·
Right Forward ( 2 )
·
Left Backward ( 2 )
·
huruf U
·
U ( )
·
Backward ( 3 )
·
Right Backward
·
Ketik Huruf H
·
H ( )
·
Left Forward
·
( 2 ) Left
·
huruf A A ( )
9. tipe data Boolean
digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa true atau false
10.
START
MOVE ‘POSISI AWAL’
WRITE ‘Z’
MOVE ‘POSISI AWAL’
WRITE ‘U’
MOVE ‘POSISI AWAL’
WRITE ‘H’
MOVE POSISI AWAL
WRITE ‘A’
END
terima kasih sudah mengerjakan tugasnya dengan baik
ReplyDelete